Home » , » Cara Penggunaan Pathfinder dalam Adobe Illustrator

Cara Penggunaan Pathfinder dalam Adobe Illustrator

Sobat blogger, mungkin sudah banyak yang tahu cara penggunaan pathfinder dalam adobe illustrator, namun bagaimana dengan yang baru baru kenal atau menggunakan adobe illustrator. Ya oleh karena itu untuk kali ini saya akan share berdasarkan pengetahuan saya mengenai cara penggunaan tools "PATHFINDER" dalam adobe illustrator.

Penampakan menu menu pathfinder dalam adobe illustrator adalah sebagai berikut

cara penggunaan pathfinder


Dan apabila dalam settingannya belum dapat melihat Pathfinder, bisa dengan memilih menu window pada illustrator dan pilih pathfinder


Okelah kalo begitu saya akan memulai membahas sesuai urutan menu seperti dibawah ini :
     1. Unite
Unite biasa gunakaan untuk penggabungan beberapa shape sehingga menjadikannya satu shape mengikuti shape yang atas, seperti pada gambar dibawah ini.

     2. Minus Front

Minus front pada pathfinder berfungsi untuk memotong bagian belakang dengan menggunakan shape bagian atas.


     3. Intersect

Intersect berfungsi memotong bagian yang kelebihan sehingga hanya menyisakan bagian yang saling memotong.


     4. Exclude

Exclude pada adobe illustrator berfungsi untuk menghilangkan bagian yang saling memotong, sehingga menyisakan bagian yang tidak saling berpotongan.






     5. Devide

Devide digunakan untuk memecah bagian dari shape yang saling berpotongan.


     6. Trim



Trim berfungsi sebagai pemotong shape, shape yang ada pada bagian atas akan memotong shape yang berada dibagian bawahnya, shape pada bagian atas akan tetap utuh dan bagian bawah akan terpotong sesuai dengan bagian atas sebagai pemotongnya.



     7. Merge

Fungsi merge pathfinder pada adobe illustrator hampir mirip dengan trim, hanya saja untuk merge bagian shape yang memiliki style sama denga bagian bawah akan di satukan.





     8. Crop

Crop pada pathfinder akan menyisakan bagian yang saling berpotongan dengan bagian yang atas, dan meyisakan potongan shape dari bagian atas tanpa warna dan stroke.


     9. Outline

Outline pathfinder akan menjadikan shape yang ada menjadi stroke atau line, dan setiap bagian yang saling berpotongan akan menjadi patokan pemisah menjadi bagian bagian stroke individu.


     10. Minus Back

kebalikan dari pathfinder minus front, bagian shape atas akan dipotong oleh shape bagian bawah.






Demikian share penjelasan singkat dari saya mengenai Pathfinder Tools pada Adobe Illustrator, untuk lebih jelasnya mungkin dengan video dibawah ini akan lebih membantu.



File Pathfinder Download
filepathfinder



Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews