Home » , » Penggunaan Selection Tool, Direct Selection Tool dan Group Selection Tool

Penggunaan Selection Tool, Direct Selection Tool dan Group Selection Tool

Share share share dan share lagi, sobat blogger untuk sharing kali ini saya akan membahas penggunaan dari tool yang dimiliki adobe illuatrator, tools ini adalah salah tools wajib untuk dikuasi, karena sifatnya yang sangat pasti digunakan dalam setiap proses pembuatan vector dalam adobe illustrator.

Oke langsung aja tool yang pertama adalah

1. Selection Tool
Tool ini digunakan untuk memilih satu shape atau group, dan melakukan pembuatan skala,  memindahkan dan memutar atau rotate, selection tool juga dapat kita gunakan apabila kita ingin men copy dari object, yaitu dengan cara klik pada object dan menahannya hingga cursor berubah bentuk sambil menekan tombol alt lalu kita drag sehingga akan menghasilkan object baru.

Membuat skala pada object

Merotate atau memutar object
Meng copy dengan klik dan menekan alt lalu drag


2. Direct selection tool
Buat saya pribadi tool inilah yg pling saya pergunakan, penggunaanya bisa untuk melakukan perubahan pada satu titik anchor atau lebih, bisa digunakan untuk memilih satu object walaupun sudah di lakukan grouping. Dan direct selection tool dapat kita gunakan untuk merubah handle dari suatu anchor, kita dapat memindahkan atau menggerakkannya sehingga sesuai dengan kebutuhan.
 Merubah anchor point

Merubah atau menggerakan handle

3. Group selection tool
Group selection tool lebih banyak dipergunakan apabila memang dalam suatu vector sudah banyak memiliki shape yang sudah di grouping, dalam hal ini mungkin sesuai namanya yaitu group selection tool yang cara menggunakannya adalah, klik salah satu object didalam group yang akan kita pilih lalu klik satu kali lagi, maka dengan begitu object yang sama dalam satu group akan terseleksi, dan untuk saya group selection tool  lebih sering saya pergunakan dalam pembersihan line art yang sudah saya expand.

Memilih group dengan group selection tool

 Demikian sharing saya mengenai salah satu tools yang ada di adobe illustrator ini, mungkin untuk lebih membantu bisa melihat sharing video saya di youtube mengenai Penggunaan selection tool, direct selection tool dan group selection tool.


Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews